Selasa, 18 Oktober 2011

Apa Karakteristik dirimu?

Karakter atau sering juga disebut temperamen, adalah sifat batin yang secara tetap mempengaruhi perbuatan, perasaan dan pikiran seseorang.

Temperamen adalah gabungan pembawaan sejak lahir yang kita warisi dari orang tua kita dan secara tidak sadar mempengaruhi seluruh perbuatan, perasaan dan pikiran


Menurut Littauer, sifat dan watak manusia itu ada empat macam :
  1. Kolerik -> Kalau menyelesaikan suatu pekerjaan maka seorang Kolerik akan menyelesaikannya dengan caranya sendiri (My Way). (ingin tampil ke depan, bersifat keras layaknya komandan tempur, mandiri, berani menghadapi tantangan, memanipulasi orang lain dll).
  2. Sanguin ->  Cara dia menyelesaikan pekerjaannya adalah dengan cara yang dianggapnya paling menyenangkan (Fun Away). (Suka bicara, periang, hampir tak pernah kelihatan susah namun pelupa dan selalu ingin mendapat perhatian orang lain, menyukai hal-hal spontan).
  3. Melankolik -> Dalam menyelesaikan pekerjaan maka seorang yang berwatak melankolik akan memilih cara terbaik (Best way), (Analisi mendalam, serius, sistematis dan selalu memikirkan sebuah tindakan masak-masak sebelum melakukannya, sangat memperhatikan orang lain, sulit bersosialisasi, Sulit mengungkapkan perasaan ).
  4. Plegmatis -> Kalau melakukan pekerjaan maka orang plegmatis akan melakukannya dengan cara yang paling mudah (easy way). Kadang-kadang dengan menempuh jalan pintas. (Mudah bergaul, santai, pasrah, Berbelas kasihan dan peduli, tidak suka bertengkar dan nurut saja mana yang paling mudah, menunda-nunda).   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar